Teknologi Aplikasi Web

Profesi Dalam Aplikasi Web


KELOMPOK PERTAMA
Adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
*Sistem analis,merupakan orang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan
* Programer,merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.
* Web designer,merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
* Web programmer,merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya..

KELOMPOK KEDUA
,adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
* Technical engineer,sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat system computer.
* Networking engineer,adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

KELOMPOK KETIGA
,adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
*EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
*System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system.

SEJARAH WEB


Tahun  1991, Sir Timothy John dari Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European particile physics Lab (Consei Eouropeen Poor La Pecherche Nucleaire atau CERNdi Genewa, Swiss mengembangkan suatu cara untuk men-share data antarkoleganya dengan mengunakan yang disebut hypertext. Pemakai di CERN dapat menampilkan document pada layar komputer dengan mengunakan software browser baru.

  Jalan pintas CERN di gunakan sebagai dasar dari yang  di sebut WWW dan berikut serever dan browser webnya (sekarang pemeliharaan oleh W3C (World wide web consoertium)).

  WWW  lebih dikenal dengan web merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer terhubung ke internet. Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hypertext, pemakai di tuntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang di tampilkan dalam browser web.

  W3C mengembangkan teknologi (spesifikasi petunjuk guide line, software, dan tool) yang dapat dioperasikan pada platflorm mana pun.dibentuk pada oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia. w3c kini yang merupakan badan resmi yang membuat standar web.

CARA KERJA WEB

Langkah-langkah cara kerja website :

1) Pengungjung website mengertikan alamat yang akan dituju ,misalnya http://facebook.com
2) Melalui jaringan internet , pengunjung bisa melakukan request alamat , http://facebook.com ke rigistar
3)Kemudian registar memrintahkan DNS Server mencari alamat yang di-request
4) 
Setelah DNS Server menemukan alamat http://facebook.com dan memerintahkan hosting server untuk memberikan file-file yang ada pada halaman website tersebut kepada pengunjung.
5)File-file yang di berikan oleh Hosting Server ini akan di tampilkan dalam bentuk halaman website melalui web browser.misalnya : mozila,google chorme, satria , IE


ALUR PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
  Adalah gabungan dari print publishing dan pengembangan perangkat lunak, diantara marketing dan perhitungan dan diantara seni dan teknologi.
Alternatif model dan pengembangan aplikasi web adalah :
1. Formulasi (formulation)
  Berfungsi untuk merumuskan tujuan dan ukuran dari aplikasi berbasis web serta menentukan batasan sistem. Tujuan yang ingin dicapai bisa dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu Tujuan bersifat fungsional dan Tujuan bersifat informatif.

2. Perencanaan (Planning)

  Digunakan untuk menghitung estimasi biaya proyek pembuatan aplikasi berbasis web, estimasi jumlah pengembang, estimasi waktu pengembang, evaluasi resiko pengembangan proyek, dan mendefinisi jadwal pengembangan untuk versi selanjutnya (jika diperlukan)
3. Analisis (Analysis)
  Untuk menentukan persyaratan persyaratan teknik dan mengidentifikasi informasi yang akan ditampilkan pada aplikasi berbasis web.
Analisis pada rekayasa web dilakukan dari 4 sisi :
-Analisis isi informasi
  Mengidentifikasi isi yang akan ditampilkan pada aplikasi berbasis web ini. Isi informasi dapat berupa teks, grafik, audio, maupun video.
-Analisis fungsional
  Tentang proses bagaimana aplikasi berbasis web ini akan menampilkan informasi kepada pengguna.
-Analisis interaksi
  Analisis yang menunjukan hubungan antara web dengan pengguna.
-Analisis konfigurasi
  Konfigurasi yang digunakan pada aplikasi berbasis web Internet, extranet, intranet. Selain itu, analisis ini juga meliputi database dengan web.
4. Rekayasa (Engineering)
  Dua pekerjaan yang dilakukan secara paralel, yaitu desain informasi dan desain arsitektur web. Saat tahap desain, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :

  Pembuatan Diagram Wireframe (gambar rangka), tujuan diagram gambar rangka adalah untuk menunjukan bagaimana layout halaman web dan menunjukan dimana fungsi dan konten seperti navigasi, kotak pencarian, elemen bentuk dan sebagainya tanpa desain grafis.

0 Response to "Teknologi Aplikasi Web"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel