28,2 Persen Pemilih dari Partai Koalisi Prabowo Pilih Jokowi - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik merilis hasil sigi teranyar soal pemilih pasangan capres-cawapres berdasarkan partai politik pilihannya dalam Pilpres 2019. Peneliti Indikator, Rizka Halida menyebutkan para pemilih dari basis partai koalisi pendukung Prabowo - Sandiaga masih terpecah memilih pasangan Jokowi - Ma'ruf.

Baca juga: Prabowo akan Fokus Isu Ekonomi Lingkungan di Debat Pilpres II

"Basis koalisi Prabowo - Sandiaga sedikit lebih besar yang keluar dari arah dukungan partainya, sekitar 28,2 persen," ujar Rizka di kantor Indikator Politik, Jakarta, Rabu, 23 Januari 2019. Untuk pendukung Jokowi - Ma'ruf, ucap dia, ada 24,1 persen yang terpecah ke oposisi.

Menurut Rizka, ada split-ticket voting atau dukungan pemilih yang tak sejalan dengan partai pilihannya di koalisi Prabowo - Sandiaga. Dari data Indikator, untuk Partai Gerindra, masih ada 14,1 persen pemilih yang terbelah mendukung capres petahana. "Sedangkan 81,5 persen searah dengan dukungan partai," katanya.

Adapun, untuk Partai Keadilan Sejahtera, sebanyak 73,7 persen memilih Prabowo dan 21,1 persen mendukung Jokowi. Sedangkan dari Partai Amanat Nasional, sebanyak 71,9 persen searah dengan dukungan partai ke Prabowo dan 26 persennya mendukung Jokowi.

Rizka mengatakan partai pendukung Prabowo dengan pemilih terpecah paling besar ada di Partai Demokrat dan Partai Berkarya. Sigi Indikator merekam sebanyak 54,1 persen pemilih Demokrat mendukung Prabowo dan 40,5 persen ke arah Jokowi.

Baca juga: Ini Visi Prabowo dalam Debat Capres Bertema Lingkungan Hidup

Sedangkan di Partai Berkarya, ucap Rizka, sebanyak 44,8 persen pemilihnya mendukung Prabowo dan 42,1 persen lainnya memilih Jokowi. "Basis Demokrat dan Berkarya memang paling banyak terbelah kepada petahana," ucap Rizka.

Survei Indikator Politik ini dilakukan pada 16-26 Desember 2018. Metode samplingnya menggunakan multistage random sampling dengan 1.220 responden. Pengumpulan data menggunakan wawancara tatap muka. Adapun tingkat margin of error penelitian ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2MtJZQB from De Blog Have Fun http://bit.ly/2sHdMME

LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "28,2 Persen Pemilih dari Partai Koalisi Prabowo Pilih Jokowi - Tempo.co"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel