Novel Siap Beri Keterangan Bila Polri Ungkap Tuntas Teror ke KPK - detikNews

Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan bicara soal rencana permintaan keterangan dirinya oleh tim gabungan Polri. Novel bersedia memberi keterangan dengan syarat tim gabungan Polri terbuka untuk mengungkap semua teror ke unsur KPK.

"Saya sudah menyampaikan bahwa saya akan memberikan keterangan dengan lengkap apabila tim ini menyampaikan dengan terbuka bahwa akan mengungkap semua serangan terhadap pegawai KPK selama ini," kata Novel kepada detikcom, Senin (21/1/2019).

Bukan tanpa alasan, Novel mengaku selama ini serangan terhadap pegawai dan pimpinan KPK tak pernah terungkap tuntas. Novel juga bicara soal barang bukti penting yang disebutnya, berdasarkan keterangan penyidik, sudah tidak ada.

"Dalam beberapa kesempatan saya menyampaikan bahwa saya menyakini pemeriksaan yang selama ini dilakukan tidak untuk mengungkap pelakunya. Hal ini selaras dengan pengakuan penyidik bahwa bukti-bukti penting sudah tidak ada lagi, di antaranya adalah sidik jadi, CCTV dan bukti ITE lainnya," ucap Novel.

Hingga kini, Novel menyatakan belum mendapat konfirmasi apakah dirinya memang bakal diminta keterangan lagi oleh tim dari Polri atau tidak. Dia juga menyinggung soal temuan Komnas HAM yang menyatakan ada abuse of process dalam penyidikan yang selama ini telah dilakukan.

"Saya belum pernah dapat konfirmasi soal itu," ujar Novel.

"Seolah tim tidak tahu bahwa ada temuan Komnas HAM bahwa penyidikan yang selama ini dilakukan dengan abuse of process. Karena bila tim paham, pasti akan menjadikan titik tolak pemeriksaan pada hal itu," sambungnya.

Polri sebelumnya mempertimbangkan memanggil Novel Baswedan untuk membantu tim gabungan penyidik mengungkap kasus teror dirinya. Hal tersebut disampaikan Polri usai Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan Novel bakal bekerja sama untuk pengungkapan kasus teror air keras yang terjadi pada 11 April 2017.

"Ya apabila nanti dibutuhkan keterangannya oleh tim, bersedia untuk memberikan keterangan. Novel sendiri sudah menyampaikan secara lisan kepada Pak Agus Rahardjo beberapa hari yang lalu," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

"Tergantung Novelnya, kalau dia ada waktu bisa langsung ke satgas. Setelah diberikan penjelasan oleh Pak Agus, welcome akhirnya semuanya," sambungnya.
(haf/fdn)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2HolMws from De Blog Have Fun http://bit.ly/2RXwGx1

LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Novel Siap Beri Keterangan Bila Polri Ungkap Tuntas Teror ke KPK - detikNews"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel