Di Tepi Pantai SGB Bungsu-Lembata, Dikejar Ikan Besar, Ribuan Ikan Tembang Loncat ke Darat - Pos Kupang

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Kemungkinan dikejar ikan besar, ribuan ikan temi (tembang minyak/sardines oil), melompat ke darat dalam dua hari terakhir di Teluk Lewoleba, Kabupaten Lembata, NTT. Ikan yang meloncat ke darat itu dipilih beramai-ramai oleh wargadi sekitar lokasi kejadian di Pantai SGB Bungsu.

Aji dan Niko, dua orang warga yang ditemui Pos Kupang.Com di Pantai SGB Bungsu, Kamis (28/2/2019) siang, menuturkan, peristiwa ikan temi loncat ke darat sebagaimana terjadi pada Senin dan Selasa (25-26/2/2019) malam, bukan hal baru di kota itu.

Beberapa tahun lalu, tutur Aji, peristiwa semacam ini sering terjadi di daerah itu. Ketika itu, ikan temi meloncat ke darat saat hujan sedang gerimis. Tapi tidak selamanya hujan gerimis, ikan temi itu berlarian ke pinggir pantai dan melompat ke darat.

Pada Senin (25/2/2019) sekitar pukul 18.30 Wita, katanya, saat ia dan beberapa warga lainnya sedang memancing di Pelabuhan Jober, tiba-tiba mereka mendengar bunyi gemuruh di pinggir pantai di sekitar pelabuhan tersebut.

Saat itu mereka kaget dan tidak menyangka kalau gemuruh itu bersumber dari ikan temi yang dalam jumlah besar berlarian ke tepi pantai dan meloncat ke atas pasir. Mereka pun bertambah kaget karena ikan-ikan itu menggelepar di atas pantai di sekitar Hotel An'nisah itu.

Menyaksikan pemandangan tersebut, Aji bersama teman-teman yang sedang memancing di Pelabuhan Jober, seketika berlarian ke arah lokasi kejadian. Ada yang membawa ember dan kaleng mateks, ada juga yang membawa kantong plastik dan yang lainnya mengambil karung di rumah-rumah warga.

Suasana serupa terjadi lagi hari berikutnya, yakni Selasa (26/2/2019). Namun ikan temi yang loncat ke darat atau oleh orang Lembata disebut sebagai ikan gogor itu terjadi sekitar pukul 21.00 Wita. Peristiwa itu tak banyak warga yang tahu, sehingga yang datang dan menangkap ikan temi yang gogor itu hanya satu dua orang saja.

Frans juga menuturkan kisah serupa. Dia menyebutkan, ikan yang gogor itu tidak hanya temi tetapi juga ikan kombong dan lainnya. Tapi yang paling dominan adalah ikan temi. Ikan tersebut meloncat dalam jumlah yang sangat banyak sehingga warga berebutan menangkapnya.

Terjerat Aturan dan Bebani Warga, Dana Adat Pendidikan Diganti Beasiswa?

Sejumlah Rumah di Kota Kupang-NTT Tercabik Diterjang Puting Beliung

"Kalau ada warga yabg bergerak cepat, mereka langsung cedok dengan ember atau baskom dari dalam air. Tapi banyak juga yang langsung pilih di darat. Kalau yang datang bawa karung, pulangnya bawa ikan penuh karung. Begitu juga yang bawa ember atau kantong plastik. Ada yang bawa pulang ke rumah lalu datang lagi," tutur Frans.

Kisah itu dibenarkan juga oleh Ibu Jubaidah yang sedang santai bersama seorang ibu dan dua orang anaknya di dekat Hotel An'nisa Lewoleba. "Hari Selasa malam itu saya juga datang tangkap ikan temi yang gogor. Saya bawa pulang satu karung lebih," ujarnya, saat ditemui secara terpisah, Kamis (28/2/2019) siang. (*)

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2tEwbu8 from De Blog Have Fun https://ift.tt/2H4hhoU

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Di Tepi Pantai SGB Bungsu-Lembata, Dikejar Ikan Besar, Ribuan Ikan Tembang Loncat ke Darat - Pos Kupang"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel