Debit Air Sungai Brantas di Kabupaten Kediri Meningkat, Ikan-Ikan Banyak Mengambang, Ini Penyebabnya - Surya

SURYA.co.id | KEDIRI - Debit air Sungai Brantas di Bendungan Gerak Waru Turi, Kabupaten Kediri, mengalami peningkatan, Senin (11/3/2019). Peningkatan debit air ini akibat dampak kegiatan flushing atau pengosongan bendungan di Bendungan Wlingi dan Lodoyo Blitar.

Akibat flusing ini banyak kotoran seperti enceng gondok, kayu dan bambu yang hanyut terbawa arus. Air Sungai Brantas juga telah berubah menjadi keruh.

Pantauan Surya.co.id di Bendungan Gerak Waru Turi, debit air mengalami peningkatan dibanding sebelum ada flushing. Malahan gelontoran air dari bendungan mengalir deras membuat kabut air.

Fatah (50), salah satu warga, menyebutkan peningkatan debit air mulai terjadi peningkatan sejak Senin pagi dan terus meningkat hingga siang.

Air sungai juga telah berubah menjadi keruh kecoklatan.

Dampak dari flushing ini ikan yang ada di Sungai Brantas juga mulai banyak yang mengambang ke permukaan air sungai.

"Biasanya kalau sudah sangat keruh ikannya banyak yang mengambang," kata Fatah.

Bagi sebagian masyarakat, flushingtelah menjadi rejeki tersendiri karena mudah menangkap ikan dengan jaring, jala, jebak dan serok.

"Ikan yang mengambang ini diperkirakan mulai sore hari," ujarnya.

Sementara Satpol PP Kota Kediri juga mulai patroli di sejumlah titik untuk mengingatkan masyarakat agar berhati-hati saat menangkap ikan di Sungai Brantas.

Masyarakat yang berburu ikan juga masih belum terlihat banyak.

Namun beberapa warga yang tinggal di sepanjang Bantaran Sungai Brantas banyak yang telah mempersiapkan peralatan untuk menangkap ikan.

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2u0IC3O from De Blog Have Fun https://ift.tt/2VQ357i

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Debit Air Sungai Brantas di Kabupaten Kediri Meningkat, Ikan-Ikan Banyak Mengambang, Ini Penyebabnya - Surya"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel