Landmark Pulau Derawan yang Dibangun Bank Indonesia, Kini jadi Spot Berswafoto Wisatawan - Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO, DERAWAN - Kepala Bank Indonesia Perwakilan (Pwk) Kaltim, Muhamad Nur, turut menghadiri peresmian bagan apung di Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Sabtu (9/3/2019).

Peresmian bagan apung dilakukan secara simbolis melalui pemecahan kendi yang dilakukan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara. Muhammad Nur menyempatkan berpantun saat peresmian bagan apung. "Buah cempedak digoreng pakai tepung. Enak dimakan dengan teh hangat. Semoga bantuan BI dalam bentuk bagan apung. Dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Muhamad Nur yang disambut meriah para tamu undangan.

Menurut Muhamad Nur, Bank Indonesia sangat mendukung fokus peningkatan pariwisata di Pulau Derawan. Hal ini terbukti dengan gambar Pulau Derawan yang dijadikan gambar di lembar mata uang pecahan Rp 20 ribu saat ini. "Pertimbangan ini dilakukan bersama Pemkab Berau untuk fokus memberikan bantuan yang terkait upaya peningkatan pariwisata di Derawan. Sebab Derawan sangat kuat ikatannya dengan pariwisata dan Bank Indonesia. Uang pecahan 20 ribu itu gambarnya Pulau Derawan. Ini kebanggaan buat kita," ujar Nur.

Sebelum adanya bantuan bagan apung, Bank Indonesia lebih dulu membangun landmark Pulau Derawan dengan patung perahu bertuliskan Derawan dan dikelilingi patung hiu, lumba-lumba, pari, dan penyu. Landmark ini yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto dan selfie (swafoto) di pulau tersebut. "Setelah memberikan landmark, manfaatnya meningkat sebagai destinasi wisata. Kalau dulu hanya hamparan pasir, sekarang bisa untuk selfie di landmark," katanya.

Ia berharap Bank Indonesia dan Pulau Derawan bisa terus bersinergi. Sebab Pulau Derawan punya potensi bagus untuk peningkatan ekonomi melalui sektor pariwisata. "Kaltim, kunjungan wisatawan tahun 2018 cukup banyak. Wisatawan mancanegara mencapai 400 ribu. Wisatawan domestik jumlahnya terus meningkat 280 ribu untuk Kaltim. Dan mayoritas mengunjungi Derawan. Ini bukti potensi besar di Pulau Derawan," tambahnya.(*)

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2XPFFAw from De Blog Have Fun https://ift.tt/2SXSVzw

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Landmark Pulau Derawan yang Dibangun Bank Indonesia, Kini jadi Spot Berswafoto Wisatawan - Tribun Kaltim"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel