Serunya Wisata Kuliner Ala Jaman Kerajaan di Pasar Kuna Lereng Banyumas, Bayar dengan Batok Kelapa - Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Jika berkunjung ke Grumbul Kedung Ngenge, Desa Petir RT 1 RW 4, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas anda akan merasakan sensasi berbelanja di pasar layaknya jaman kerajaan.

Jangan harap anda dapat membeli makanan dan minuman disana dengan menggunakan uang rupiah.

Sebab di Pasar Kuna Lereng hanya menerima transaksi pembayaran dengan menggunakan kepengan. Kepengan adalah kepingan bulat berdiameter 5 cm yang terbuat dari tempurung kelapa. 

Jika akan membeli makanan tradisional maka tukarkanlah terlebih dahulu uang anda dengan menggunakan kepengen. Satu kepeng setara dengan Rp 2 ribu.

Pasar Kuna Lereng dihuni 30 pedagang yang menjual lebih dari 120 jenis makanan tradisional. Mulai dari jajanan pasar, minuman tradisional, dan makanan khas jaman kuno.

Ketika sampai di sana anda pasti akan dibuat bingung memilih makanan, minuman dan jajanan pasar yang disediakan. Ada banyak minuman tradisional diantaranya wedang cleblek ( kopi ), wedang jahe, wedang uwuh, dawet ayu, badeg (air nira), es cau (cincau), wedang bajigur dan masih banyak lagi.

Jajajan tradisionalnya juga unik dan beragam. Ada banyak jenis jajajan pasar diantaranya ciwel, cenil, inthil, candil, buntil, gebral, grontol, krawu, lopis, gethuk, oyek, klepon, kemplang, srabi, awug - awug, naga sari, ronda maya dan lain sebagainya.

Bukan hanya menemui makanan ataupun minuman tradisional. Ketika berkunjung ke Pasar Kuna Lereng anda juga akan menjumpai pedagang kain batik tulis khas Banyumasan. Suasana layaknya pasar tempo dulu semakin terasa karena terdapat musik calung Banyumasan yang mengiringi. 

Semua jajanan tradisional tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Sedangkan produk kerajinan seperti gantungan kunci dan aksesoris terbuat dari bambu dan tempurung.

Pedagang jajanan tradisional, Yati (58) mengaku sangat antusias bisa berjualan di Pasar Kuna Lereng, Sokaraja.

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2XNiY00 from De Blog Have Fun https://ift.tt/2SWyd2W

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Serunya Wisata Kuliner Ala Jaman Kerajaan di Pasar Kuna Lereng Banyumas, Bayar dengan Batok Kelapa - Tribun Jateng"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel