Bawaslu Ungkap Tantangan Tangani Informasi Viral Kecurangan Pemilu - detikNews

Jakarta - Bawaslu mengungkap salah satu tantangan pemilu di era digital. Salah satunya banyak informasi viral terlebih dahulu di medsos, tetapi belum dilaporkan ke Bawaslu.

Tak hanya itu, ada pula informasi viral yang sudah diklarifikasi, tetapi informasi yang tidak benar terus diviralkan. Hal itu seakan-akan Bawaslu belum memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

"Itu tantangan kita karena tak pernah terjadi di pemilu-pemilu sebelumnya, kadang sudah di klarifikasi viralnya masih berlangsung, ya itu tantangan kita," kata Komisioner Bawaslu, Mochammad Afifuddin, di Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).


Ia mengatakan pada pemilu sebelumnya belum pernah terjadi hal serupa. Oleh karena itu, Afif menyebut dibutuhkan penyampaian klarifikasi yang berulang-ulang untuk mengcounter isu viral di medsos.

"Memang zamannya berbeda, hal-hal yang sudah kita konfirmasi viral seakan akan belum diambil tindakan. Memang kita butuh banyak menjelaskan dan klarifikasi ke publik meluruskan hal-hal yang bisa jadi tidak seperti terlihat, atau terkonfirmasi atau terkoreksi tapi masih terus (viral)," ungkapnya.

Diketahui, di media sosial banyak isu-isu viral kecurangan yang sudah diklarifikasi tetapi terus diviralkan. Hal tersebut merupakan tantangan karena banyaknya masyarakat yang menggunakan medsos.


(Masih (banyak informasi yang diklarifikasi tetap diviralkan), hampir tiap hari kita dapat video-video itu berulang-ulang. Ya nggak apa-apa. Ya memang situasinya sekarang kan orang dengan mudah menggunakan media sosial," sambungnya.
(yld/dkp)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2GOnjsf from De Blog Have Fun http://bit.ly/2V0ZZRV

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Bawaslu Ungkap Tantangan Tangani Informasi Viral Kecurangan Pemilu - detikNews"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel