KPK Ingin Istri Pejabat Jadi Teladan Anti-Korupsi dan Tak Beli Tas Mahal - detikNews

Jakarta - Salah satu program yang masif digerakkan KPK adalah Saya Perempuan Anti-Korupsi atau SPAK. Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan sampai menyebut para agen perempuan yang tergabung di SPAK itu merupakan salah satu ujung tombak KPK untuk pencegahan korupsi.

"Kita ingin saat ini SPAK tidak hanya dilakukan oleh agen yang ada sekarang, tapi juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya ibu-ibu, istri pejabat, agar mereka juga bisa berbicara," kata Basaria di Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC) KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

SPAK adalah salah satu program KPK yang berdiri sejak 2013. Ada sekitar 2.000 agen perempuan SPAK yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Menurut Basaria, program SPAK banyak bermanfaat untuk masyarakat. Salah satunya, disebut Basaria, adalah para agen SPAK yang mendampingi atau mengawasi dana desa agar bermanfaat digunakan untuk masyarakat.
"Bagaimana tadi agen-agen SPAK, dana-dana desa itu kecil tapi manfaatnya banyak. Bagaimana supaya di sekolah, ibu-ibu tidak bayar untuk para wali kelas, itu contoh kecil. Tapi kalau itu semua dilakukan di seluruh pelosok, saya yakin dan percaya anak-anak kita kalau kerja integritasnya baik," kata Basaria.

Para istri pejabat itu, khususnya di kementerian, disebut Basaria, diharapkan bisa memberikan teladan bagi para pegawainya. Sebagai contoh, para istri pejabat itu bisa menjadi contoh bagi pegawai untuk hidup sederhana.

"Mudah-mudahan di kementerian ibu-ibunya, kalau contoh ibu pejabat tertinggi teladan, kita yakin bawahannya tidak akan berani membeli tas atau barang mahal. Kalau ibu menterinya sederhana, karena pola hidup sederhana adalah salah satu contoh untuk cegah korupsi," kata Basaria.
(fai/dhn)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2vtlDyJ from De Blog Have Fun http://bit.ly/2PvieZG

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "KPK Ingin Istri Pejabat Jadi Teladan Anti-Korupsi dan Tak Beli Tas Mahal - detikNews"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel