Presidensi Indonesia di DK PBB Dimulai - Medcom ID

Jakarta: Indonesia memegang jabatan presidensi di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) per 1 Mei 2019. Jabatan ini dipegang selama sebulan penuh hingga akhir Mei 2019.
 
Presidensi Indonesia ini mengambil tema 'Investing in Peace, Improving Safety and Performance of UN Peacekeeping.'
 
"Kepemimpinan Indonesia di DK PBB akan berlangsung selama sebulan. Ada beberapa langkah, namun kita memilih tema mengenai penjaga perdamaian," kata Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian Ruddyard di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kepemimpinan Indonesia ini akan ada berbagai kegiatan, salah satunya debat terbuka mengenai operasi penjaga perdamaian. Febri menuturkan kegiatan itu adalah inti dari kepemimpinan Indonesia nanti.
 
Selain itu, akan ada pula debat terbuka mengenai perlindungan warga sipil dari konflik. Debat terbuka ini rencananya akan dilakukan pada 23 Mei 2019.
 
Debat terbuka mengenai perlindungan warga sipil dsri konflik ini diselenggarakan dalam rangka 20 tahun proteksi sipil dan 70 tahun UNOCHA.
 
"Yang ketiga, akan ada formula informal discussion yang membahas mengenai pemukiman ilegal di Palestina oleh Israel," imbuh Febri.
 
Sebagai penutup kepemimpinan RI, akan diadakan resepsi kepemimpinan. Indonesia akan menambahkan pertunjukkan budaya dalam resepsi ini.
 
"Kita sekalian promosi budaya kita di sana. Nanti rencananya akan ada tarian saman gayo dari Aceh," jelasnya.
 
Tema Peacekeeping
 
Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, Grata Endah Werdaningtyas mengatakan tema pasukan penjaga perdamaian sengaja dipilih melihat Indonesia masuk delapan besar negara yang mengirimkan pasukan peacekeeper terbanyak.
 
"Tema ini dipilih karena realitanya adalah misi perdamaian masih merupakan tools paling kuat dari PBB, DK PBB, untuk berkontribusi pada perdamaian dan keamanan internasional," terang Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri RI Grata Endah Werdaningtyas, di Jakarta, Kamis 25 April 2019.
 
Grata menuturkan alasan kedua tema tersebut dipilih karena rekam jejak Indonesia Indonesia untuk UN Peacekeepers. Menurut dia, Indonesia memiliki modal karena merupakan salah satu negara terbesar penyumbang penjaga perdamaian.
 
"Saat ini kita menduduki urutan ke-8 dari 124 negara penyumbang pasukan perdamaian PBB. Ini juga bagian dari komitmen kita untuk memajukan visi 4 ribu peacekeepers," imbuh dia.
 
Pada Maret ini, Indonesia telah mengirimkan 100 penjaga perdamaian perempuan. Menurut dia, ini suatu yang luar biasa karena Indonesia secara perlahan meningkatkan jumlah penjaga perdamaian perempuan.
 
"Ini sejalan juga dengan keinginan Sekjen PBB untuk melibatkan, mempromosikan perlibatan dan partisipasi perempuan dalam perdamaian dan keamanan," ungkap dia.
 
Manfaat Presidensi
 
Grata menambahkan manfaat presidensi bagi Indonesia adalah sebagai bentuk kepemimpinan di forum internasional.
 
"Manfaat presidensi adalah untuk bentuk kepemimpinan kita di forum internasional. Juga, kesempatan negara lain untuk menciptakan legacy," jelasnya.
 
"Kita ingin highlight kontribusi peacekeepr in terms of investment dlm recruitment utk training. Karena kl kita lihat di lapangan skrg, tantangan peacekeeer mengahdapi tantangan yg tdk dpt diprediksi," pungkas Grata.
 
Indonesia akan menjalani peran sebagai anggota tidak tetap DK PBB selama dua tahun, mulai 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2020.
 
Selain Indonesia, ada empat negara anggota PBB lainnya yang juga memulai keanggotaan DK PBB di periode yang sama. Negara-negara tersebut adalah Afrika Selatan, Belgia, Republik Dominika dan Jerman.
 
Menjadi Anggota Tidak Tetap DK PBB bukanlah hal baru baru Indonesia. Sebelumnya Indonesia pernah menduduki posisi ini pada periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.
 
Pada saat pemilihan anggota DK PBB oleh seluruh negara anggota PBB Juni 2018 lalu, Indonesia mendapat dukungan 144 suara dari 193 negara anggota PBB.
 
Baca:Indonesia Tingkatkan Kepemimpinan di Dunia Melalui DK PBB
 

(WIL)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2GWcBB2 from De Blog Have Fun http://bit.ly/2XZTo70

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Presidensi Indonesia di DK PBB Dimulai - Medcom ID"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel