Utusan PBB: Perang Saudara Picu Libya di Ambang Perpecahan Permanen - Liputan6.com

Kekerasan di pinggiran Tripoli bisa menjadi permulaan dari perang yang panjang dan berdarah, memicu masalah keamanan tetangga terdekat Libya dan negara-negara lain di Mediterania yang lebih luas --jelas Perwakilan Khusus PBB untuk Libya, Ghassan Salamé kepada Dewan Keamanan.

Salamé mencatat bahwa di Libya selatan, kelompok teroris ISIS mengibarkan bendera hitamnya yang khas, dan dilaporkan bertanggung jawab atas empat serangan, menewaskan total 17 orang, dengan lebih dari 10 terluka, dan delapan lainnya diculik. Peristiwa itu terjadi setelah Jenderal Haftar dan GNA saling menembakkan senjata satu sama lain tahun ini.

"Ada banyak laporan tentang ekstremis, orang-orang di bawah sanksi internasional, dan orang-orang yang dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional muncul di medan perang di semua sisi. Semua pihak harus secara terbuka melepaskan diri mereka dari unsur-unsur tersebut tanpa penundaan dan merujuk ke ICC kepada pihak-pihak yang mengeluarkan surat perintah penangkapan," katanya.

Dia meratapi aliran senjata kembali ke negara itu dan mencatat "banyak negara" menyediakan senjata ke semua pihak.

"Tanpa mekanisme penegakan hukum yang kuat, embargo senjata ke Libya akan menjadi lelucon sinis. Beberapa negara memicu konflik berdarah ini; PBB harus mengakhiri itu," tambahnya.

Beralih ke kebutuhan kemanusiaan, dia mengatakan fasilitas kesehatan berjuang untuk mengatasinya, dengan 11 ambulan "langsung terkena" serangan udara, roket, dan penembakan.

"Saya terkejut dengan pengabaian yang tampaknya terjadi karena perlindungan personel yang terlibat dalam tugas-tugas medis yang penting," katanya, menyatakan keprihatinan mendalam akan peningkatan penculikan, penghilangan paksa dan penangkapan sewenang-wenang dalam 6 pekan terakhir. Dia meminta "dukungan tegas" Dewan Keamanan dalam menerapkan Hukum Humaniter Internasional.

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2Eq7EyG from De Blog Have Fun http://bit.ly/2YP20Ox

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Utusan PBB: Perang Saudara Picu Libya di Ambang Perpecahan Permanen - Liputan6.com"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel