Jalan – Jalan ke Air Terjun Studio Alam saat Kemarau

Maukah kalian ke tempat yang jauh dari kata ‘Ramai’?  Air terjun studio alam jawabannya. Air terjun yang berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Air terjun yang dapat kalian nikmati melalui jalur pendakian Cemoro Kandang, yang berada di Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792.

Untuk sampai ke Cemoro Kandang bila dari Pusat Kota Solo dapat ditempuh dengan waktu kurleb (Kurang Lebih) 1 jam 30 menit. Jika dari pusat kota Magetan dapat ditempuh dengan waktu  kurleb (Kurang Lebih) 30 menit saja.

Awal Perjalanan

Hari Minggu 10 November 2019, tidak terpikirkan sedikitpun mau pergi jalan – jalan. Hari Minggu seperti biasa dimulai dari bersih – bersih rumah  😂 futsal. Setelah selesai futsal kita berbincang seperti biasa, dan saat bercanda mau pergi ngadem ke Tawangmangu. Saat itulah terpikirkan, “ketimbang ke Tawangmangu mending ke Air Terjun Studio Alam saja?” tanya-nya. “Oke,” begitu saja jawabku sambil bercanda. Setelah itu, kami pualng kerumah masing – masing, karena setelah luhur rencananya.

Waktu itu saya masih ragu, apakah kita akan ke sana beneran? Sampailah dia kerumah ku untuk menjemputku.

Dengan mengucap Bismillah saya tarik gas sepeda motor. Karena kita tidak ada persiapan sama sekali jadi, kita kesana cuma berdua saja 😊. Kita berangkat dari rumah pukul 12.15 WIB dan sampai di Cemoro Kandang pukul 13.00 WIB. Sesampainya di cemoro kandang kita beli bakso 5 ribuan.

Kita lanjut, registrasi sekitar Rp.30.000,- untuk dua orang + parkir. Setelah mengisi data dan beli minuman untuk bekal kita lanjut mendaki. Sekitar pukul 13.30 WIB, kita mulai perjalanan ke Air Terjun Studio Alam.

Dengan jalur awal yang berupa bentuk tangga tanah ditambah setelah futsal, sedikit menguras tenaga kaki. Tapi, setelah itu kalian akan mendapat jalur berupa tanah yang landai dan menanjak. Karena kita kesana saat musim perpindahan musim, jangan lupa pakai masker atau buff untuk jaga – jaga bila ada debu.

Setelah berjalan kurang lebih 25 menitan kalian akan mendapati plakat untuk menuju Air Tejun Studio Alam seperti dibawah ini. Ambil saja kanan dan ikuti jalan kecil dan hati – hati karena jalannanya menurun. Jangan ambil kiri karena itu jalur untuk menuju puncak 😂. Diperjalanan turun kalian akan melihat tebing dimana kita akan tuju.

Gambar 1.0 Pertigaan Arah Puncak dan Studio Alam

Setelah 30 menitan perjalanan sampailah kita di Air Terjun Studio Alam. Sayangnya, saat kita kesana belum ada air dan lumut nya belum begitu banyak karena musim kemarau. Gakpapalah ya 😢. Kita istirahat bentar dan lanjut foto – foto saja deh.

Akhir Perjalanan

Setelah selesai foto – foto dan sudah tidak capek lagi, kita akhirnya memutuskan kembali ke basecamp. Kita sampai basecamp pukul 15.30 WIB, dan sholat Ashar. Lanjut kita mengisi perut yang kosong dengan Sate Kelinci khas Tawangmangu. Disaat kita menikmati makanan turunlah hujan yang semoga menjadi berkah perjalanan ini. Setelah hujan mereda kita lanjut pulang.

Satu lagi kalau mau kesini saya sarankan saat setelah musim penghujan biar sudah ada airnya dan sudah tumbuh lumut yang hijau.



Posted By : LumpaCom Sub

0 Response to "Jalan – Jalan ke Air Terjun Studio Alam saat Kemarau"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel