NU Minta Partai Kubu 02 yang Ingin Gabung Tak Dijatah Kursi Ini - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur Marzuki Mustamar meminta Joko Widodo alias Jokowi - Maruf Amin tidak memberikan jabatan Menteri Agama dan Menteri Pendidikan kepada partai oposisi yang ingin bergabung ke kubu pemerintah kelak. Dia menyampaikan hal itu saat calon wakil presiden nomor urut 02 Maruf Amin bertandang ke kantor PW NU Hatim, di Surabaya.

Maruf bertandang ke kantor PWNU Jawa Timur untuk bersilaturahmi dan berterima kasih atas bantuan NU dan warga Jawa Timur dalam Pemilihan Presiden 2019. Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menyatakan Jokowi-Maruf memperoleh hampir 70 persen suara di wilayah ini.

Berita terkait: Membaca Arah Dukungan PAN Pasca Pertemuan Jokowi-Zulhas

"Saya usul, supaya jangan sampai Menteri Agama dan Mendiknas," kata Maruzki Mustamar, Ahad, 28 April 2019, saat membuka acara pertemuan itu. Dia mengaku mendapatkan informasi ada beberapa partai yang awalnya tak mendukung Jokowi-Maruf dalam Pemilihan Presiden 2019, namun kini ingin bergabung.

Dia tak menyebutkan partai politik yang dimaksudkan itu. Menurut info yang diterima Marzuki partai itu meminta jatah menteri kepada Jokowi. Dia mengatakan jika permintaan itu dikabulkan, seyogyanya bukan jabatan Menag dan Menteri pendidikan.

Ketika ditanya apa alasannya, dia hanya menjawab bahwa itu merupakan usulan dari Kiai di Jatim. "Itu yang bisa jawab kiai, kenapa itu harus direbut NU.”

Marzuki juga mewanti-wanti Jokowi agar memastikan partai yang ingin bergabung itu benar-benar mendukung pemerintah. Dia tak ingin loyalitas partai itu hanya berada di tingkat elit, tapi bawahannya tetap menentang pemerintahan yang akan dibentuk jika kelak Jokowi-Maruf mennag dalam Pilpres 2019.

Maruf hanya menjawab singkat saat ditanya, berapa jatah menteri yang akan diberikan kepada kader NU. "Nantilah," kata dia.

AJI NOEGROHO (Surabaya)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2ZHVMBi from De Blog Have Fun http://bit.ly/2UNFMd6

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "NU Minta Partai Kubu 02 yang Ingin Gabung Tak Dijatah Kursi Ini - Tempo.co"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel