Benarkah Israel Diguncang Gempa Dahsyat? Ini Faktanya - Okezone

AKUN media sosial Facebook (FB) atas nama Ki Suro Menggolo membagikan tiga foto yang menceritakan terjadinya reruntuhan bangunan. Dalam unggahan yang saat ini sudah dibagikan lebih dari 30 ribu kali itu, Ki Suro Menggolo menuliskan narasi sebagai berikut:

"ISRAEL DI GUNCANG GEMPA ..

BERITA TERKAIT +

TEL AVIV PORAK PORANDA ..

SERANGAN MEREKA KE PALESTINA DI BALAS TUNAI OLEH ALLAH ..".

Cek Fakta Gempa Dahsyat di Israel (foto: Ist)  

Setelah dilakukan penelusuran, oleh Ria Fajriah, salah satu relawan Masayarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), ternyata foto yang diunggah Ki Suro Menggolo bukan di Israel. Tetapi, foto yang digunakannya merupakan foto gempa bumi di Chili pada 27 Februari 2010 dan foto gempa bumi di Sinchuan, China pada 12 Mei 2008.

"Si pembuat konten (Ki Suro Menggolo, red) menggunakan foto gempa bumi dari tempat dan waktu yang berbeda," jelas Ria dalam debunk-nya, Sabtu (11/5/2019).

Ia menjelaskan, foto pertama adalah gempa bumi di Chili pada tahun 2010. Tepatnya terjadi di lepas pantai Maule pada 27 Februari 2010 pukul 03.34 waktu setempat. Gempa itu dengan kekuatan magnitudo 8,8 yang berlangsung selama sekitar 3 menit.

Gempa bumi terkuat di Chili sejak 1960 ini telah menyebabkan kerusakan yang cukup besar dan menyebabkan 521 orang tewas; banyak yang hilang.

Cek Fakta Gempa Dahsyat di Israel (foto: Ist)  

Kemudian foto kedua dan ketiga adalah gempa bumi Sichuan, China pada 2008. Adalah gempa yang berkekuatan magnitudo 7,9 (awalnya dilaporkan 7,8 oleh USGS). Dengan episenter di Wenchuan, Sichuan, RRT yang terjadi pada 12 Mei 2008 pada pukul 14.28 waktu setempat (06.28 GMT). Menewaskan ribuan orang.

Bahkan dilaporkan bahwa getaran gempa terasa hingga Bangkok, Thailand. "Jadi, konten yang dibagikan oleh akun Ki Suro Menggolo adalah kategori Disinformasi," ucap Ria.

(fid)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2E3kgM5 from De Blog Have Fun http://bit.ly/2WArkXT

Posted By : LumpaCom - Informasi Tiada Henti

0 Response to "Benarkah Israel Diguncang Gempa Dahsyat? Ini Faktanya - Okezone"

Posting Komentar

Banner 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel